Sabtu, 27 September 2008

Strategi Marketing- bikin rame usaha anda

Pak Warto, seorang tukang nasi goreng yang sangat laris bercerita "Strategi Marketing" pada saat pertama ia membuka warungnya.

"saya mengundang banyak teman untuk makan nasi goreng gratis di warung saya selama satu minggu berturut-turut. Sekarang warung saya tidak pernah sepi..."



Ya..

Pak Warto begitu cerdik dalam berpromosi... nasi goreng yang baru ia buka tentu saja belum dikena oleh masarakat.

Di minggu pertama ia mengundang semua teman, saudara dan para tentangga desanya untuk makan di sana, tentu saja gratis.

Anda tahu... ?

Pada saat kita bingung cari makan, biasanya kita lihat warung makan yang rame, dan berfikir bahwa makannya pasti enak, atau murah.

Strategi sederhana ini mungkin bisa anda terapkan di bisnis anda.

Sama ceritanya dengan Purdie Chandra, Bos Primagama. Ia bercerita pada saat pertama Primagama buka di Jogja, ia sampai memberikan pendidikan gratis, hanya karena, supaya orang tahu bahwa jasa pendidikan itu laku.

Kadang-kadang memang kita harus lebih sederhana lagi dan cerdik dalam berpromosi.

Tehnik tersebut diatas sangat memancing perhatian orang yang lewat di depan tempat usaha kita.

Selamat mencoba dan laris..Manisss...!



Arli Kurnia

Selasa, 23 September 2008

Self-Fulfilling Prophecy itu apa sih ?

Self-Fulfilling Prophecy, blind dateKatakan Anda akan melakukan blind-date. Anda mendengar hal-hal yang baik tentang orang yang hendak Anda temui. Ketika Anda mendekatinya,

Anda tersenyum karena Anda berharap kalian dapat saling menyukai. Senyuman And membuat dia merasa tenteram, dan sekarang ia pun memiliki harapan yang sama. Ia balas tersenyum, lalu kencan Anda berjalan lancar.

Bayangkan jika dari awal Anda memiliki ekspektasi kurang baik, dan Anda menemui dia dengan menampakkan kerutan di dahi dan tatapan tidak tertarik. Kalau sudah begitu, tidak heran jika blind date Anda akan berantakan, walaupun sebenarnya Anda berdua bisa saja cocok.

Nampaknya, ini seperti hal biasa saja, hanya senyuman, tapi itulah keindahannya. Pikiran positif cenderung mengarah pada hasil positif. Itulah yang disebut dengan self-fulfilling prophecy, yang berarti terjadilah seperti yang Anda imani.

Kalau Anda takut mengalami sesuatu, kekhawatiran akan sesuatu, justru itu yang akan terjadi. Karena sadar atau tidak, Anda akan melakukan tindakan yang negatif, manifestasi dari pola pikir dan perasaan negatif itu. Tindakan yang negatif sudah tentu akan membawa hasil yang negatif. Hasil negatif akan direspons negatif oleh orang lain. Hal itu hanya akan merugikan diri Anda sendiri.

Semoga pelajaran tentang Self-Fulfilling Prophecy - blind date yang saya dapat bisa mengingatkan kita untuk lebih waspada terhadap apa yang kita pikirkan. Terutama di saat kita mulai merasa kuatir.

Anda adalah apa yang Anda pikir! Untuk mendapatkan respek dari orang lain Anda harus lebih dahulu berpikir bahwa Anda layak mendapatkan respek. Dan semakin besar respek yang Anda miliki untuk diri Anda, semakin besar pula respek yang akan diberikan orang lain kepada Anda.

Respek terhadap diri sendiri terlihat melalui semua yang kita lakukan. Mari kita fokuskan perhatian pada salah satu cara spesifik dimana kita dapat meningkatkan respek kepada diri sendiri dan dengan demikian mendapatkan respek yang lebih besar dari orang lain.

Kesuksesan hidup seseorang sangat tergantung dari pikirannnya. Ketidakmampuan disebabkan "penjara pikiran" kita masing - masing, jika kita mengatakan sulit, maka kita telah terpenjara dengan pikiran tentang kesulitan ini, begitu pula jika kita berpikir bisa, maka kita telah terbebas dari belenggu pikiran, sehingga kita memiliki kesempatan dan potensi tak terbatas untuk berhasil.

Mulai dari sekarang cobalah berpikir positif bahwa anda bisa sukses tidak perlu denger kata orang lain dengan diri anda dan buanglah rasa malu karena dengan keyakinan dan kerja keras anda bisa menjadi sukses dan membuktikan pada orang - orang bahwa anda BISA.

Semoga bermanfaat.

Minggu, 21 September 2008

Sebagian besar orang menyukai hubungan

Menengok kesuksesan besar situs-situs terkenal seperti yahoo, hotmail, youtube, google, dan friendster… dimana mereka memiliki satu fungsi yaitu menghubungkan orang satu dengan lainnya, ternyata memiliki kesuksesan besar.

Itu jugalah yang dianut oleh blogger dan wordpress … termasuk yang saya dan anda gunakan kali ini.

Coba bayangkan berapa banyak orang telah menyumbangkan sebagian uangnya untuk membeli handpone dan membayar pulsanya hanya untuk saling berhubungan.

Bisa anda bayangkan berapa besar uang yang berputar bidang ini?

Prinsip bahwa manusia menyukai “saling berhubungan” memperkuat bukti bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tidak mau dan tidak bisa hidup sendiri.

Bahkan beberapa produk yang tidak ada hubungannya dengan “saling berhubungan” pun membentuk komunitas pemakai supaya sesame konsumennya bisa saling berhubungan antara satu dengan lainnya.

Anda bisa melihat beberapa kesuksesan merk Harley Davidson dan Volks Wagon (VW). Banyak orang yang membentuk club otomotive untuk dua merk tersebut di seluruh dunia. Bayangkan banyak sekali even yang telah diadakan seperti road show, pesta dan kegiatan sosial.

Kegiatan-kegiatan tersebut melibatkan banyak konsumen-konsumen fanatik yang saling memperkuat kecintaannya terhadap motor atau mobilnya.

Hal tersebut menjadi daya tarik untuk orang awam untuk ikut dengan mereka. Yaitu orang-orang yang memiliki cara pandang life style yang sama.

Contoh: Pengemudi harley mencerminkan life style kebebasan, kemakmuran, kebanggaan dan gaya hidup yang menyenangkan. Dimana mereka memicu para pejabat, pengusaha dan CEO kelas atas untuk membeli juga motor besar yang harganya selangit itu.

Poin bahasan kali ini adalah: “Komunitas juga bisa menjadi alat marketing yang dahsyat”

Salam Laris Manisss…!



Arli Kurnia
http://dukundagang.co.cc

Sabtu, 20 September 2008

Psikologi Harga Memberi kesan produk anda jauh lebih murah!

Lihatlah berbagai macam barang di Inovation Store, diamna barang yang ditawarkan sangat unik dan harganya diatas rata-rata.

Tapi mereka pintar, karena tidak mungkin menaruh harga 100.000, 1 juta, 3 Juta dll.

Pasti mereka memilih angka 99.900, 999.990, 2.999.900 dll, meskipun yang dibayarkan tetap utuh seratus ribu, satu juta, dan tiga juta.

Psikologi harga tersebut membuat calon pembeli merasa lebih ringan… meskipun tidak betul-betul ringan.


Coba perhatikan beberapa tips psikologi harga berikut ini:
“Rp. 1.000.000,-“ akan terasa lebih mahal dari “1 JUTA”:

“1 JUTA” akan terasa lebih mahal dari “1 juta”

“1 juta” akan terasa lebih mahal dari “999.990”

“999.990” akan terasa lebih mahal dari “999ribu”

Baik… kira-kira berapa uang kontan yang anda bayarkan untuk produk bertuliskan “999ribu”?

Ya…. Jawabannya sama saja 1 JUTA Rupiah. Tapi keputusan orang untuk membelintya bisa lebih mudah karena kesannya lebih murah.

Percaya tidak kalau anda bisa menghipnotis orang untuk merasa bahwa harga sebuah produk itu murah sekali…?

Tips nya sederhana dan saya pernah singgung di artikel saya sebelumnya.

Coba yang satu ini:

  1. Buat harga yang diakhiri dengan angka ratusan rupiah misalnya Rp. 998.500 (ya.. itukan satu juta kurang seribu lima ratus)
  2. Kemudian berikan tulisan di belakangnya yang besar “MURAH SEKALI” atau “SANGAT MURAH” atau “TERMURAH Saat ini!”
Contoh: dapatkan harga Rp. 998.500 “TERMURAH Saat ini!”

Bagaimana kesannya? Silahkan anda coba di produk anda.

Salam Laris Manisss…!

Arli Kurnia
Baca juga cara promosi cepat yang bisa anda terapkan sekarang!

Jumat, 19 September 2008

Goal yang menghipnotis

Terry Dean, seorang internet marketer kawakan berupaya mendapatkan sebuah cincin kawin berlian sebelum pernikahannya dimulai.

Target itu sangat emosional dan memotivasinya untuk bertindak.. hasilnya dalam empat bulan hasil penjualan onlinenya bisa digunakan untuk membeli cincin idamannya tersebut.



Sebuah target yang menghipnotis adalah target yang membuat kita langsung bertindak karena sentuhan emosi dari bayangan yang kita pikirkan.

Begitu kuatnya sehingga membuat The Law Of Attraction bekerja dengan sempurna.

Kisah yang di paparkan oleh Joe Vitale yang mendambakan BMW Z4 Sport yang sangat seksi menurutnya juga membuat otak kreatifnya bekerja maksimal.

Ia dalalm waktu singkat langsung mendapat ide untuk membuat e-class yang hasilnya sangat menggemparkan dan pas untuk digunakan membayar mobil idamannya hanya dalam hitungan bulan.

Januari lalu saya (masih naik motor Jupiter Z) mencoba the law of attraction untuk memperoleh mobil idaman saya BMW.

Bulan Mei dengan cara yang tidak pernah saya pikirkan saya mendapatkannya.

ya.. Ajaib ... seperti mimpi... tapi itu nyata...


Inspirasi hari ini adalah:

Sudahkah anda memiliki Goal (Target) yang sangat mudah dibayangkan (dilihat, didengar dan dirasakan)?

Kalau belum segeralah mencari goal tersebut dan jangan dipikirkan bagaimana caranya.

Yang penting anda senang dan melibatkan emosi positif untuk mencapainya kemudian pasahkan pada Tuhan yang maha Esa.

Tuhan tahu cara yang tercepat, terindah, termudah, dan ternyaman untuk mendapatkannya. Anda tinggal mengikuti intuisi anda dan betindak dengan ikhlas.

itu saja...

Semoga apa yang anda inginkan segera terrcapai...


Salam Lais Manisss...!


Arli Kurnia
http://dukundagang.co.cc

Kamis, 18 September 2008

KISS (Keep It Simple and Stupid)

Orang selalu menginginkan produk yang sederhana...

Microsoft masih menrajai penjualan software terbesar di Dunia. Windows adalah Opeating System yang mahal yang meeka jual. Padahal kalau kita ketahui ada Operating system yang gratis seperti Linux.

Hari ini masih lebih banyak orang yang membeli windows daripada memakai yang gratis.

mengapa demikian?

kita bisa perhatikan kesedehanaan dari windows, sangat mudah digunakan bahkan oleh orang malas sekalipun.

Sekali instal langsung jadi.

Sedangkan OS yang lain harus setting ini, setting itu orang bilang agak ribet.

Makanya bayar pun tidak masalah.

beberapa waktu lalu pada saat gencar-gencarnya razia windows di warnet-warnet, banyak yang mencoba berralih ke linux, karerna gratis.

Tapi, beberarpa saat kemudian mereka tetap membeli windows asli dan mengistalnya, karrena konsumen measa lebih mudah menggunakan windows.

ya.. Keep It Simple and Stupid

Buatlah mudah dan bisa digunakan oleh orang bodoh sekalipun. Ini rahasia kesuksesan sebuah produk.

Karena pada dasarnya orang itu malas.

Anda boleh coba datang ke Hotel berbintang yang tarifnya semalam berkisar antara 500rb sampai 1 juta rupiah.

Coba perhatikan disana anda akan dilayani, mulai dari welcome drink, petugas yang menghampiri mobil kita untuk di pakirkan, tas kita dibawakan WOW, bayar mahal pun ok...

Karena kita di buat malas dan santai.


Perhatikan juga penyebaran Hotmail, pada saat kita menerima surat dari provider ini, di bagian bawah ada link yang mengatakan kurang lebih seperti ini "anda mau e-mail gratis, klijk disini"

yah simple sekali, hanya dengan 1, 2, 3 klik orang bisa punya alamat email baru.

Hal ini mempemudah penyebararnnya.

Ya...

Sekali lagi simple adalah kuncinya.


Salam Laris Manisss...!


Arli Kurnia
http://dukundagang.co.cc