Jumat, 22 Juli 2016

Pengertian Sistem Informasi Geografis (SIG)


Oke kali ini saya akan membahas mengenai SIG atau Sistem Informasi Geografis. Artikel ini merupakan pelajaran dari Geografi pendidikan SMA


  • Pengertian Sistem Informasi Geografis (SIG)

Berikut pengertian Sistem iInformasi (SIG) menurut beberapa ahli.

J. Raper
J. Raper (1994) mendefinisikan SIG sebagai sistem yang dapat mendukung pengambilan keputusan spesial dan mampu mengintegrasikan deskripsi-deskripsi lokasi dengan karakteristik-karakteristik fenomena yang ditemukan di lokasi tersebut. Sistem Informasi Geografis (SIG) yang lengkap mencakup metodologi dan teknologi yang diperlukan yaitu data spasial, perangnkat keras, perangkat lunak, dan struktur organisasi.

Bernhardsen
Bernhardsen (1992) mendefinisikan SIG sebagai sistem komputer yang digunakan untuk memanipulasi data geografi. Sistem ini diimplementasikan dengan perangkat keras dan perangkat lunakyang berfungsi untuk akuisisi (perolehan) dan verifikasi, kompilasi, penyimpanan, perubahan, dan updating, manajemen dan pertukaran, manipulasi, presentasi, dan pemanggilan, serta analisis.

Stan Aronoff
Stan Aronoff (1989) mendefinisikan SIG sebagai sistem yang berbasis komputer, digunakan untuk menyimpan dan memanipulasi informasi-informasi geografi. SIG dirancang untuk mengumpulkan , menyimpan dan menganalisis objek-objek dan fenomena karena lokasi geografi merupakan karakteristik yang penting atau kritis untuk dianalisis. SIG merupakan sistem komputer yang memiliki empat kemampuan dalam menangani data yang bereferensi geografis, yaitu masukan, manajemen data (penyimpanan dan pengambilan data), analisis dan manipulasi data, serta keluaran.


Dari beberapa definisi SIG di atas dapat dirangkum bahwa SIG adalah sistem yang digunakan untuk memasukkan, menyimpan, memanggil kembali, mengolah, menganalisis, dan menghasilkan informasi bereferensi geografis atau informasi geospasial.

0 komentar:

Posting Komentar