Jumat, 20 Juli 2012

peran orang tua terhadap prestasi belajar

Keyword : Orang Tua, Prestasi Belajar


Abstrak


Pendidikan merupakan sarana penting bagi mempersiapkan generasi muda untuk tampil dalam gelanggang pada masa yang akan datang. Sedangkan pencapaian tujuan pendidikan adalah prestasi. Agar aktifitas berprestasi yang lebih optimal maka orang tua juga harus berperan aktif dalam mencapai cita-cita.

Fokus dalam penelitian ini ditekankan kepada peran orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas Va SD Al-Furqan Jember. Penelitian ini merumuskan permasalahan sebagai berikut : (1) bagaimana peran orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas Va di SD Al-Furqan Jember, (2) bagaimana hubungan antara orang tua siswa dengan sekolah di SD Al-Furqan Jember.

Tujuan dari studi ini : (1) untuk mengetahui sejauh mana peran orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas Va di SD Al-Furqan Jember, (2) untuk mengetahui hubungan antara orang tua siswa dengan sekolah di SD Al-Furqan Jember.

Studi ini dilaksanakan di SD Al-Furqan Jember, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara (1) wawancara mendalam, (2) dokumentasi. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dilakukan cross check dengan teknik trianggulasi dan diskusi sejawat. Analisis data dilakukan dengan (1) reduksi data, (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan.

Dari analisis data, diperoleh temuan bahwa orang tua sangat berperan terhadap prestasi belajar siswa sebab pendidikan atau pembelajaran di sekolah masih belum cukup mendongkrak prestasi belajar siswa. Dengan adanya peran orang tua tersebut maka tidak hanya guru yang berupaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa akan tetapi orang tua berusaha melakukan bimbingan kepada anaknya dengan mengikutkan bimbingan belajar. Sedangkan hubungan antara orang tua siswa dngan sekolah terjalin komunikasi yang intensif dengan adanya pertemuan Ibu-ibu wali murid dalam majelis taÂ’lim yang diadakan oleh yayasan Al-Furqan Jember.

Dari keseluruhan data dan hasil temuan penelitian ini ditemukan bahwa orang tua sangat berperan terhadap prestasi belajar siswa kelas Va di SD Al-Furqan Jember dan hubungan antara orang tua siswa dengan sekolah sangat baik dan komunikatif. Adapun saran peneliti adalah : sekolah harus lebih meningkatkan peran orang tua terhadap proses belajar siswa agar prestasi siswa semakin meningkat.


Deskripsi Alternatif :


ABSTRACT


Education is necessary for preparing the rising generation to come up in court in the future. While attainment of education target is achievement. In order to achievement activity that more optimal, so parent should active in reach studentsÂ’ idea.

Focus on this research is emphasised to parentsÂ’ role to students learning achievement of class Va at SD Al-Furqan Jember. This research formulates problem as follows : (1) how parentsÂ’ role to class Va student lerning achievement at SD Al-Furqan Jember, (2) how to correlation between parent of student and school at SD Al-Furqan Jember.

Objective of the study : (1) to know how far parentsÂ’ role to class Va student learning achievement at SD Al-Furqan Jember, (2) to know the correlation between parent of student and school at SD Al-Furqan Jember.

This study was done at SD Al-Furqan Jember, by using qualitative approach. Data collecting technique was done by : (1) deep interview, (2) documentation. While checking up data validity was done by cross check with triangulation technique and colleagues discussion. Data analysis was done by (1) data reduction, (2) data presentation (3) withdrawal of conclusion.

From data analysis was found that parent has so central to student learning achievement, because education in school is still not enough increase student learning achievement. With the parentsÂ’ role so not just teacher who strive to increase student learning achievement however parent does advising to their child by join the course. While relation between student old fellow with school intertwin intensive communications with meeting of pupil sponsor mothers in majelis taÂ’lim that conducted by institution of Al-Furqan Jember.

From all data and the result of research finding is found that parentsÂ’ role is so necessary to student learning achievement of class Va of SD Al-Furqan Jember and relation among student old fellow with school is very good and communicative. As for researcher suggestion is school have to be more improve role of old fellow to student learning process, in order to student achievement progressively mount.

lihat juga :

0 komentar:

Posting Komentar