Rabu, 18 Juli 2012

satuan layanan bk belajar




SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN KONSELING

Kelas                                        : X A
Semeter                                    : I/2012-2013
Hari/tanggal                              : Senin / 12 Maret 2012
Alokasi waktu                          : 1x45 menit
Tempat                                     : Ruang kelas X A
Layanan                                    : Layanan Pembelajaran
Bidang                                      : Bimbingan Belajar
Judul/Spesifikasi Layanan          : Konsentrasi dalam Belajar
Fungsi Layanan                         : Pemahaman
Tujuan (Khusus)
1.      Siswa dapat memahami cara mudah berkonsentrasi saat belajar
2.      Siswa dapat memahami pelajaran yang diajarkan guru dengan mampu berkonsentrasi dengan baik saat belajar

A.       Materi                               :  Tips Konsentrasi dalam Belajar (terlampir)
B.       Metode                             :  Ceramah, Tanya jawab, Dinamika Kelompok
C.       Kegiatan Awal           : Mengucapkan salam, memeriksa situasi dan kondisi kelas, memeriksa kehadiran siswa.
Kegiatan Inti:
            Eksplorasi:
1.      Menginformasikan materi yang akan dibahas.
2.      Menjelaskan tujuan penyampaian materi.
Elaborasi:
             1.         Siswa mengerjakan kuis cara meningkatkan konsentrasi dalam belajar.
             2.         Siswa membacakan hasilnya
Konfirmasi:
1.      Guru Pembimbing memberikan umpan balik terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi dari berbagai sumber.
2.      Guru memberikan motivasi kepada siswa dalam rangka meningkatkan semangat dalam proses belajar.
Kegiatan Akhir:
·        Siswa diminta menyampaikan manfaat yang diperoleh setelah menerima layanan.
·        Pembimbing menyampaikan harapan setelah siswa menerima materi layanan.

D.       Alat dan Media                  : LCD, Spidol
E.        Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut

Penilaian Proses
Mengamati perhatian, respon dan aktifitas siswa saat kegiatan layanan berlangsung.
Penilaian Hasil
Pedoman Observasi
No
Pedoman Observasi
Keterangan
1.
Mata atau pandangan siswa terhadap guru pembimbing saat menjelaskan.
Mata tertuju pada guru pembimbing.
2.
Antusiasme siswa terhadap materi.
Para siswa antusias terhadap materi atau permainan yang diberikan.
3.
Ketenangan siswa saat memperhatikan materi.
Ketenangan kurang terkontrol karena masih bingung dengan apa yang dijelaskan.
4.
Respon siswa tentang pengetahuan yang didapat dari penjelasan materi yang disampaikan.
Respon atau manfaat hasil yang didapat dari permainan dapat diserap oleh siswa.

Ø      Laiseg
Memberikan pertanyaan lisan secara acak untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan.
Pertanyaan lisan:
·        Apa yang diperoleh permainan tadi?
·        Apa yang perlu ditingkatkan dari permainan yang telah dilaksanakan?
Ø      Laijapen
Memantau perkembangan siswa berkaitan dengan peningkatan dalam proses belajar.
Ø      Laijapang
Melakukan interview pada siswa dalam jangka waktu kurang lebih 1 bulan untuk menilai peningkatan dalam proses belajar.
Pedoman interview:
·        Apakah anda sudah dapat berkonsentrasi saat belajar?
·        Bagaimana tingkat konsentrasi anda setelah mendapat materi konsentrasi?
·        Apa yang membuat anda tidak berkonsentrasi saat belajar?

F.        Keterkaitan Layanan ini dengan Kegiatan Pendukung
Himpunan Data.


H.       Pendidikan karakter yang ditanamkan
- Siswa akan dapat belajar untuk memperhatikan orang lain (mendengarkan)
I.    Buku Sumber                     : 
Internet (Sumber: www.planetmusic.4t.com)
J.         Biaya                                 : -



Salatiga, 12 Maret 2012

                                          Mengetahui
                             Kepala Sekolah                                                   Perencana Layanan



                                                                                                               Steffi Assen






Lampiran I :
MATERI LAYANAN
Belajar dengan tekun dan disiplin memang baik. Tapi akan lebih baik kalau kamu belajar dengan cerdas. Belajar dengan cerdas akan sangat menunjang keberhasilan studimu. Dalam tips ini diuraikan hal-hal apa saja yang perlu kamu lakukan agar bisa mulai belajar dengan cerdas dan berhasil.
1. Belajarlah sambil mendengarkan musik . Berbagai penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan adanya hubungan antara pengaruh musik dengan peningkatan prestasi belajar. Musik membuat kamu “mengalir’ , dan merangsang pikiran untuk berkosentrasi pada apa yang sedang kamu pelajari atau kerjakan . Idealnya kamu mendengarkan musik klasik atau instrumentalia/ musik lembut dengan beat yang santai . Tapi kalau kamu tidak bisa menikmatinya , putarlah musik kesayanganmu.
2. Ciptakan suasana ruang belajarmu senyaman mungkin supaya kamu betah berada disana. Kalau memungkinkan , hiasilah dengan gambar-gambar pilihan atau kata-kata yang bisa memberimu motivasi. Boleh juga menggantungkan poster idolamu , photo kekasihmu , atau piagam pengahrgaan yang pernah kamu raih . Perhatikan juga ventilasi udara agar kamu tidak merasa kepanasan atau kedinginan . Aturlah penerangan agar sesuai dengan keperluanmu , tidak terlalu redup dan tidak pula terlalu menyilaukan.
3. Aturlah waktu belajarmu dengan seefisien mungkin . Biasakanlah untuk belajar setiap hari pada jadwal yang telah kamu tetapkan. Hindari kebiasaan menumpuk tugas yang perlu dikerjakan sampai menjelang batas akhir waktu yang ditetapkan. Hentikanlah kebiasaan sistem kebut semalam. Cara belajar seperti itu akan membentuk kamu menjadi pribadi yang harus ditekan untuk bergerak . Pola ini biasanya akan berlanjut ketika kamu sudah memasuki dunia kerja dan bisa menghambat peningkatan karirmu kelak.
4. Belajarlah dengan aktif . Jangan puas hanya menjadi pelajar yang teoritis saja. Hasil belajarmu akan lebih optimal kalau kamu belajar sambil mempraktekkan apa yang kamu pelajari. Sistem belajar sambil praktek sudah terbukti berhasil diterapkan dalam banyak pendidikan inormal seperti kursus bahasa, mengemudi, menjahit dsb. Prinsipnya berlaku untuk bidang apapun yang kamu pelajari , termasuk belajar bicara didepan umum , belajar berdansa , berenang dsb.
5. Belajarlah dengan minat yang besar agar kualitas dan hasil belajarmu lebih optimal. Dengan minat yang tinggi , kamu akan bersemangat menggali berbagai sumber untuk mendapatkan informasi yang berhubungan dengan materi yang kamu pelajari. Itulah alasannya mengapa sebaiknya kamu kuliah dibidang yang benar-benar kamu minati. Kalau kamu sangat menyukai teknik , mungkin kamu akan mengalami masalah kalau kamu harus kuliah ekonomi dsb. Tapi kalau kamu sudah terlanjur salah jurusan, atau berada ditempat yang kurang kamu sukai maka cobalah unuk menyukainya. Milikilah rasa tanggung jawab terhadap sesuatu yang telah kamu ambil atau putuskan. Namun terkadang minat juga bisa muncul dari penyusuaian diri , percayalah tidak ada ilmu yang tak bermanfaat raihlah segala bidang ilmu , pelajari dengan matang jangan setengah-setengah hingga bisa didapat suatu kecerdasan multi dimensi.
6. Pelajarilah teknik belajar yang efektif agar kamu bisa belajar dengan waktu yang relatif singkat tapi dengan hasil yang lebih memuaskan. Sebagai contoh TEKNIK PENYEBARAN WAKTU mengajarkan bahwa lebih baik kamu belajar 3 x 1 jam daripada 1 x 3 jam.
7. Pelajarilah teknik membaca cepat agar kamu bisa membaca dengan kecepatan tinggi dan dengan pemahaman yang tinggi pula. Ini adalah kemampuan vital bagi kamu yang hidup diera digital dan informasi. Dengan daya baca berkecepatan tinggi, syukur-syukur bisa membaca dengan mata hati pula ,sehingga arus informasi yang deras tidak akan meneggelamkan kamu , tapi justru melejitkan prestasimu untuk meraih keberhasilan.
8. Pelajarilah teknik mengingat dengan memanaatkan kata kunci atau kata akronim. Dengan kemampuan ini daya ingatmu akan dipertajam sehingga kamu bisa mengingat bahan pelajaran dengan cepat dan akurat. Banyak teknik mengingat yang sudah teruji praktis yang dapat dipelajari untuk meningkatkan daya ingat, daya konsentrasi dan memacu potensi belajar.
9. Pelajarilah teknik menulis. Dengan kemampuan ini kamu tidak akan mengalami kesulitan untuk melakukan kegiatan tulis-menulis secara sistematis dan mudah dipahami, baik berupa laporan , skiripi, artikel dsb. Keahlian menulis sangat diperlukan didunia kerja dan juga akan memungkinkan kamu untuk menjadi penulis buku , wartawan dsb.
10. Pelajarilah cara berpikir yang logis , rasional dan objektif. Meskipun pikiran kamu lebih hebat dari komputer , mungkin baru sebagian saja /kecil bagian dari otakmu yang kamu manfaatkan. Berkat jasa para ilmuwan, sekarang otak kamu bisa dilatih untuk memacu potensimu yang luar biasa sehingga kamu bisa lebih berprestasi dalam studi dan sukses dalam hidup.
Cara Mudah berkonsentrasi

·              Melakukan kebiasaan rutin
·              Belajar dilingkungan yang tenang
·              Hindari melamun
·              Pelajari catatan
·              Tunjukan perhatian didalam kelas
·              Hindari gangguan
·              Beri semangat dan motivasi diri
·              Disiplin pada waktu
·              Perhatikan kondisi fisik(istirahat )
Hambatan berkonsentrasi

  • Belum memiliki tujuan
  • Kekurangan minat terhadap sesuatu pekerjaan
  • Urusan atau fikiran-fikiran kecil yang melintas dalam otak sehingga memecahkan perhatian
  • Tidak percaya kepada kemampuan diri sendiri
  • Kondisi fisik yang lemah & bosan
Lingkungan tidak mendukung (berisik,kotor dll)
           

Lampiran II :
PEDOMAN PERMAINAN
Ø      Permainan yaitu bermain Alat Indra (mata,hidung,tangan,telinga)
Ketika guru  menyebut satu nama alat indra maka siswa diminta memegang alat indra yang bukan disebutkan oleh guru.
Pasangan indra dalam permainan yaitu:
Mata --------------Hidung
Hidung------------Mata
Tangan-------------Telinga
Telinga-------------Tangan




Lampiran III :

PESOMAN DISKUSI KELOMPOK

1.      Apa yang kamu peroleh dari permainan  Konsentrasi ( Alat Indra ) ?
2.      Apa yang membuat kamu bisa berkonsentrasi ?
3.      Apa yang membuat kamu tidak bisa berkonsentrasi ?
4.      Bagaimana perasaan mengikuti permainan Konsentrasi ( Alat Indra ) ?
5.      Adakah kesulitan dari permainan tersebut ( Alat Indra ) ?





Lampiran IV :

PEDOMAN OBSERVASI

ASPEK YANG DI AMATI
JUMLAH
1. Siswa yang mengontrol saat materi di sampaikan
6
2. Siswa yang bertanya
5
3. Siswa yang tidak mampu menjelaskan pedoman permainan
2
4. Siswa yang mengikuti permainan
10
5. Siswa yang berpatisipasi dalam diskusi kelompok
12
6. Kelompok yang mengungkapkan hasil diskusi
5
7. Siswa yang belum berhasil salam berkonsentrasi dalam permainan
3




0 komentar:

Posting Komentar